Selamat Datang

Selamat datang di blog KKPI SMK N 2 Bawang Banjarnegara
Dapatkan informasi menarik seputar dunia Teknologi Informasi, materi pelajaran dan tugas-tugas lainnya

Selasa, 23 Oktober 2012

Review Windows 8


Windows 8 telah diluncurkan secara resmi pada bulan Oktober 2012. Akan tetapi sudah banyak user yang mencoba mulai sejak veersi beta, consumer preview, hingga sekarang sudah mencapai versi RTM (release to manufacturing). Saya sendiri baru mencoba untuk melakukan instalasi Windows 8 pada tanggal 29 Agustus 2012 kemarin setelah mengunduhnya dari MSDN. Versi yang saya gunakan adalah Microsoft Windows 8 Professional 32-bit. Berikut ini adalah tampilan desktop dari Windows 8 serta informasi spesifikasi dari notebook yang saya gunakan.
Setelah beberapa saat mencoba, ternyata tampilan desktop dari Windows 8 tidak berbeda terlalu jauh dengan Windows 7, sehingga tidak akan menjadi masalah bagi Anda yang sudah terbiasa dengan Windows 7. Beberapa fitur baru yang berbeda salah satunya adalah tampilan task manager yang lebih segar dan informatif. Selain itu juga ada perubahan tampilan pada saat kita melakukan transfer/delete file, bahkan sekarang kita bisa melakukan pause di saat proses transfer file sedang berlangsung.

Tentu dengan berbagai kelebihan lain yang masih dimiliki Windows 8, banyak orang tertarik untuk segera bermigrasi ke Windows 8. Tidak terkecuali bagi kalangan developer/programmer. Namun bagi Anda yang merupakan seorang developer aplikasi, mungkin akan muncul pertanyaan “Apakah X nanti compatible di Windows 8?” (anggap X adalah suatu programming language / editor). Berikut ini beberapa eksperimen yang sudah saya coba.
1. XAMPP (PHP & MySQL)

Proses instalasi XAMPP berjalan dengan lancar, tidak ada kendala yang muncul. Setelah instalasi selesai, Apache dan MySQL dapat dijalankan seperti biasa melalui XAMPP Control Panel. Kemudian halaman localhost dari XAMPP maupun PHPMyAdmin juga bisa muncul dengan baik pada browser Internet Explorer 10.
2. Oracle (Database & Developer Suite)

Untuk database saya menggunakan Oracle 10g. Pada awal instalasi sempat muncul warning yaitu saat pengecekan Sistem Operasi, tetapi warning ini bisa dilewati dengan memberikan centang pada check box (user verified). Setelah itu instalasi berjalan dengan lancar, yang kemudian saya buktikan dengan membuka Oracle Enterprise Manager pada web browser. Tidak ada kendala berarti yang muncul.

Berikutnya saya mencoba untuk instalasi Oracle Developer Suite 10g R2. Proses instalasi dapat berjalan dengan baik, hanya di awal kita perlu untuk setting virtual memory untuk memenuhi requirements yang dibutuhkan. Setelah instlasi selesai, Oracle Form Builder maupun Report Builder dapat dijalankan seperti biasa.
3. Java (JDK & JCreator)

Terakhir, saya mencoba untuk menginstall Java. Diawali dengan instalasi JDK 6 lalu dilanjutkan dengan install JCreator 4.5 sebagai editor nya. Semuanya dapat dilakukan tanpa ada masalah. Setelah itu percobaan untuk membuat file java sederhana  lalu proses kompilasi serta running nya pun berhasil dijalankan.
Ternyata kebanyakan aplikasi dari Windows sebelumnya masih cukup kompatibel untuk berjalan di Windows 8 ini. So, jangan ragu untuk segera mencoba Windows 8 !!

sumber : www.ssi.stikom.edu/review-windows-8/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar